Bukan Tentang Isi

pixabay.com

"Uncle, saya mau tanya. Gimana caranya buat tulisan berisi setiap hari? Saya kok ya bingung.. Kalau dipaksakan nulis dan dipost hari itu. tulisan saya itu kesannya gak berisi. Malah bagusan tulisan saya yang dulu-dulu, karena mengalami masa diendapkan dulu, terus diedit." Curhat saya di suatu malam saat sedang bedah tulisan di grup whatssapp.
.
"Gak usah pikirin tulisan saya bagus atau enggak. Tulis yang ringan-ringan aja. Yang penting nulis." Jawab Uncle Ik.
.
Lalu tiba-tiba sang founder, Bang Syaiha, menimpali, "blog saya juga tulisannya gak berisi, Mbak. Pokoknya tulis aja apapun setiap hari. Kalau nanti mau buat novel, baru mengalami proses diendapkan-diedit-endapkan lagi-edit lagi. Ini saya juga barusan duduk, nulis lima belas menit, gak pake dibaca lagi, langsung publish."
.
Saya terdiam. Dan faham.
Ternyata saya pasang target ketinggian. Sombong kali ya... Barangkali kalau penulis sekelas Tere Iiye baru bisa. Sedangkan saya... Apalah saya ini. Tapi sudah ingin bisa menulis tiap hari dengan tulisan yang cetar. Ujung-ujungnya jadi gak nulis apa-apa karena kebanyakan mikir. Hahaha...
.
Bahkan sekelas founder ODOPnya pun kalau saya intip blognya memang berisi hal-hal sederhana, tentang kejadian di hari itu. Gak melulu tentang tulisan-tulisan berat yang membuat napas tertahan.
.
Dan terbukti tulisan Beliau sebagai orang yang rajin nulis tiap hari, enak dibacanya. Dan sudah berhasil menerbitkan dua novel.
Jadi, lupakan dulu tentang tulisan yang cetar dan meledak. Belajar saja dulu menulis tiap hari.
.
Karena sungguh, hasil tidak akan mengkhianati proses. InshaAllah.
.
#OneDayOnePost

Read Comments

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Iya mbak..suatu saat usaha akan mmbuahkan hasil. Tinggal masalah wktu..mau sabar atau enggakny trgantung seberapa kuatny tekadny...
Keep ganbatte..hehhe

Unknown mengatakan...

Iya mbak..suatu saat usaha akan mmbuahkan hasil. Tinggal masalah wktu..mau sabar atau enggakny trgantung seberapa kuatny tekadny...
Keep ganbatte..hehhe

Unknown mengatakan...

Terima kasih sdh berkunjung.
Ganbatte ne!

Posting Komentar

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Blog Templates created by Web Hosting Men